MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PENGUAT AUDIO UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK AUDIO DI SMKN 3 YOGYAKARTA

Andika Sapta, Agung (2014) MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PENGUAT AUDIO UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK AUDIO DI SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, unjuk kerja, dan tingkat kelayakan Media Pembelajaran Penguat Audio sebagai media pembelajaran mata pelajaran teknik audio pada jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Objek penelitian ini adalah Media Pembelajaran Penguat Audio yang dilengkapi modul pembelajaran. Tahap pengembangan produk meliputi 1). Studi identifikasi, 2). Desain, 3). Validasi, 4). Revisi, 5). Ujicoba, dan 6). Produksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1). Pengujian dan pengamatan unjuk kerja, 2). Angket penelitian. Adapun validasi media pembelajaran melibatkan dua ahli materi pembelajaran dan dua ahli media pembelajaran dan ujicoba pemakaian dilakukan oleh 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Penguat Audio terdiri dari board trainer utama dengan fasilitas AFG dan didukung dengan unit modul penguat kelas A, unit modul penguat kelas B dan unit modul penguat kelas AB. Modul pembelajaran sebagai pelengkap penggunaan trainer terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan, pembelajaran dan evaluasi. Hasil unjuk kerja AFG dapat menghasilkan sinyal keluaran dengan tiga bentuk gelombang yaitu sinus, gigi gergaji dan kotak dengan frekuensi antara 10 Hz–30 KHz. Rangkaian frekuensi counter dapat menghitung frekuensi antara 20 Hz–20 KHz dan dapat membaca amplitudo dengan rentang antara 1 Vp-p–10 Vp-p. Masing-masing unit klasifikasi penguat audio dapat bekerja dengan baik sesuai rangkaian yang ditentukan. Hasil validasi isi oleh ahli materi pembelajaran memperoleh tingkat validitas dengan persentase 85.01% dengan kategori sangat layak, validasi konstruk oleh ahli media pembelajaran memperoleh tingkat validitas dengan persentase 82.025% dengan kategori sangat layak. Sedangkan dalam uji pemakaian oleh siswa di SMK N 3 Yogyakarta mendapatkan validitas sebesar 82.54% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 18 Mar 2014 04:07
Last Modified: 29 Jan 2019 18:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10908

Actions (login required)

View Item View Item