Ilham Wha'is, Abdhan Saquro (2014) PENGARUH GAYA BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF SISWA KELAS XI AUDIO VIDEO SMK N 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar produktif; 2) mengetahui pengaruh gaya belajar auditori terhadap prestasi belajar produktif; 3) mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar produktif; 4) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar produktif; 5) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar produktif ; 6) mengetahui pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik, lingkungan keluarga dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar produktif siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dan merupakan penelitian populasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan dengan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha. Terdapat pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar produktif ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,053. Terdapat pengaruh gaya belajar auditori terhadap prestasi belajar produktif ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,078. Terdapat pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar produktif ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,313. Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar produktif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,168. Terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar produktif ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,182. Terdapat pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik, lingkungan keluarga dan disiplin keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar produktif ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,439. Berdasarkan nilai r2 sebesar 0,439 diketahui bahwa produktif siswa jurusan Audio Video kelas XI dipengaruhi sebesar 43,9% oleh variabel gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik, lingkungan keluarga dan disiplin belajar. Kata kunci: Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditori, Gaya Belajar Kinestetik, Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 20 Feb 2014 03:43 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |