PERSEPSI SISWA SMP DI KABUPATEN KULON PROGO TERHADAP SMK KELOMPOK TEKNOLOGI DAN INDUSTRI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DITINJAU DARI LATAR BELAKANG TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PENDAPATAN KELUARGA

Danang, Padmadi (2014) PERSEPSI SISWA SMP DI KABUPATEN KULON PROGO TERHADAP SMK KELOMPOK TEKNOLOGI DAN INDUSTRI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DITINJAU DARI LATAR BELAKANG TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PENDAPATAN KELUARGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sumbangan pengaruh antara pendapatan keluarga (X1) pada persepsi siswa SMP kabupaten Kulon Progo terhadap SMK bidang keahlian teknik audio video (Y); (2) sumbangan pengaruh antara pendidikan orang tua (X2) pada persepsi siswa SMP kabupaten Kulon Progo terhadap SMK bidang keahlian teknik audio video (Y); dan (3) pengaruh antara pendapatan keluarga bersama dengan pendidikan orang tua pada persepsi siswa SMP di kabupaten Kulon Progo terhadap SMK bidang keahlian teknik audio video (Y). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yang menjadi subyek penelitian ini adalah tingkat nilai persepsi siswa SMP di kabupaten Kulon Progo terhadap SMK bidang keahlian teknik audio video, sedangkan obyek penelitian adalah para siswa SMP/Sederajat kelas XI di kabupaten Kulon Progo. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode dari Slovin, yaitu dari seluruh populasi sebesar 6218 siswa diambil 366 responden sebagai sampel. Dari 366 responden tersebut diambil dari berbagai daerah di kabupaten Kulon Progo dengan menggunakan teknik cluster sampling. Dari cluster sampling tersebut dihasilkan 3 kelompok populasi, yaitu: (1) kota (terdiri dari Wates); (2) pinggiran kota (Panjatan, Galur, Lendah Pengasih, Temon, dan Sentolo); dan (3) pedesaan (Kokap, Nanggulan, Girimulyo, Kalibawang, dan Samigaluh). Kemudian dari ke-3 kategori tersebut, masing-masing diambil 2 sekolahan secara acak dan tiap sekolahan diambil responden 61 siswa, sekolah yang terpilih diantaranya adalah: Kota (SMP N 1 Wates dan SMP Muh. 1 Wates); pinggiran kota (SMP 4 Sentolo dan SMP PGRI sentolo); pedesaan SMP 1 Kalibawang dan SMP Ma’arif Kalibawang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pendapatan keluarga berpengaruh pada persepsi siswa SMP kabupaten Kulon Progo terhadap SMK bidang keahlian teknik audio video dengan R Square = 0,012 (1,2%) dan persamaan regresi Y = 76,387 + (- 0,213X1) + e; (2) tingkat pendidikan orang tua berpengaruh pada persepsi siswa SMP kabupaten Kulon Progo terhadap SMK bidang keahlian teknik audio video dengan R Square = 0,011 (1,1%) dan dihasilkan persamaan regresi Y = 76,757 + (- 0,403X2) + e; dan (3) antara pendapatan keluarga dan pendidikan orang tua, keduanya berpengaruh pada persepsi siswa SMP Kulon Progo terhadap SMK bidang keahlian teknik audio video dengan R Square = 0,0192 (1,92%) dan dihasilkan persamaan regresi Y = 78,810 + (- 0,181 X1) + (- 0,333X2) + e. Kata Kunci: Persepsi Siswa SMP; Siswa SMP terhadap SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 13 Feb 2014 07:54
Last Modified: 29 Jan 2019 18:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10893

Actions (login required)

View Item View Item