PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA AUDIO VIDEO SMK MA’ARIF 1 WATES KULONPROGO TAHUN AJARAN 2012/2013

Nanang, Kurniawan (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA AUDIO VIDEO SMK MA’ARIF 1 WATES KULONPROGO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan perilaku belajar secara terpisah maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa prodi keahlian TEAV SMK Ma’arif 1 Wates 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa prodi keahlian TEAV SMK Ma’arif 1 Wates 2012/2013 yang berjumlah 60 siswa. Metode pengambilan data untuk variabel Motivasi Belajar dan Perilaku Belajar menggunakan kuesioner model angket tertutup dengan skala likert, sedangkan untuk variabel Prestasi Belajar menggunakan metode dokumentasi berupa nilai raport mata pelajaran produktif. Validitas instrumen penelitian diuji dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis korelasi parsial digunakan unuk mengetahui hubungan antara variabel bebas secara sendiri-sendiri dengan variabel terikat. Analisis korelasi ganda digunakan untuk mengetahui hubungan kedua variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat. Kesimpulan penelitian adalah: (1) pengaruh antara Motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3.884>2,000). (2) pengaruh antara perilaku belajar dan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (5,188>2,000). (3) pengaruh motivasi belajar dan perilaku belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan F-hitung lebih besar dari F-tabel (14.537>3,17). Kata Kunci : Pengaruh, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Perilaku Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 23 Jan 2014 08:25
Last Modified: 29 Jan 2019 18:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item