PERBEDAAN ANTARA METODE ACTIVITY BASED COSTING DENGAN METODE TRADISIONAL DALAM PERHITUNGAN UNIT COST DI FAKULTAS TEKNIK DAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Wahid, Hariyadi (2014) PERBEDAAN ANTARA METODE ACTIVITY BASED COSTING DENGAN METODE TRADISIONAL DALAM PERHITUNGAN UNIT COST DI FAKULTAS TEKNIK DAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PERBEDAAN ANTARA METODE ACTIVITY BASED COSTING DENGAN METODE TRADISIONAL DALAM PERHITUNGAN UNIT COST DI FAKULTAS TEKNIK DAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perhitungan unit cost (UC) antara metode tradisional dan metode Activity based costing (ABC), serta menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi perbedaan UC pada kedua metode tersebut. Jenis penelitian adalah komparatif kuantitatif yang dilaksanakan di Fakultas Teknik dan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dari pihak yang berwenang yaitu bidang perencanaan rektorat UNY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan survei. Jenis data yang dikumpulkan merupakan data kuantitatif yang dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) UC mahasiswa UNY Pendidikan Bahasa Perancis dengan metode tradisional lebih besar dibandingkan dengan metode ABC. UC Pendidikan Teknik Mesin dengan metode tradisional lebih kecil dibandingkan dengan metode ABC. (2) Unsur-unsur biaya metode tradisional berkaitan dengan unsur-unsur biaya metode ABC. Metode tradisional memiliki kecenderungan bahwa UC semakin kecil apabila jumlah program studi pada suatu fakultas semakin banyak dan jumlah mahasiswa pada suatu program studi semakin banyak. Pada metode ABC, semakin sedikit aktivitas dan semakin kecil biaya aktivitas pada suatu program studi maka UC semakin kecil. Kata Kunci: unit cost, activity based costing, tradisional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 23 Jan 2014 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10887

Actions (login required)

View Item View Item