STUDI KOMPARASI ANTARA PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DAN MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN

Zen, Widodo (2014) STUDI KOMPARASI ANTARA PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DAN MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak_09520244023_Zen Widodo.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran TIK siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Muntilan yang menggunakan jejaring sosial facebook sebagai media pembelajaran dan yang menggunakan modul. Jika sudah diketahui hasil belajarnya di mana terdapat perbedaan antara siswa yang menggunakan jejaring sosial facebook sebagai media pembelajaran dan yang menggunakan modul maka rekomendasinya ialah jejaring sosial facebook dapat digunakan sekolah sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Eksperimen. Terdapat dua kelompok kelas dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan jejaring sosial facebook sebagai media pembelajaran, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan modul sebagai media pembelajaran. Diadakan dua kali tes yaitu pretest dan posttest. Pretest digunakan untuk mengetahui apakah kemampuan kedua kelompok kelas sama atau tidak. Sementara itu posttest digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui teknik pengujian hipotesis yang akan digunakan. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data posttest berdistribusi tidak normal dan memiliki varian yang homogen. Oleh karena itu, uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode statistik non parametrik yaitu dengan menggunakan Uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil perhitungan dengan Uji Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,030. Ditetapkan nilai probabilitas sebesar 0,05 sehingga nilai hitung Uji Mann-Whitney lebih kecil dari nilai probabilitas (0,030 < 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil belajar mata pelajaran TIK siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Muntilan yang menggunakan jejaring sosial facebook sebagai media pembelajaran dan yang menggunakan modul. Kata Kunci : Facebook, Modul, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 23 Jan 2014 03:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10886

Actions (login required)

View Item View Item