HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM STUDI TEKNIK AUDIO VIDEO SMK 1 PUNDONG

Taufan, Budiyanto (2014) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM STUDI TEKNIK AUDIO VIDEO SMK 1 PUNDONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, (1) hubungan antara prestasi belajar dengan kesiapan kerja siswa kelas XII SMK 1 Pundong, (2) hubungan antara informasi dunia kerja dengan kesiapan kerja siswa kelas XII SMK 1 Pundong, serta (3) hubungan antara prestasi belajar dan informasi dunia kerja secara bersama-sama dengan kesiapan kerja siswa kelas XII SMK 1 Pundong. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan expost-facto. Penelitian melibatkan seluruh anggota populasi yaitu siswa kelas XII SMK 1 Pundong yang berjumlah 70 siswa. Variabel bebas dan terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar (X1), informasi dunia kerja (X2), dan kesiapan kerja (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert yang kemudian setiap alternatif jawaban diberi bobot skor sehingga data yang diperoleh merupakan data kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kolerasi dua variabel dan analisis korelasi ganda (multivariat) dengan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar dengan kesiapan kerja yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,814, nilai signifikansi = 0,000 < α = 0,05, dan dengan nilai kontribusi 66,2%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara informasi dunia kerja dengan kesiapan kerja yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,818, nilai signifikansi = 0,000 < α = 0,05, dan dengan nilai kontribusi 66,9%, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar dan informasi dunia kerja siswa secra bersama-sama dengan kesiapan kerja yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,906, nilai Fhitung = 152,546 > Ftabel = 3,14, dan dengan nilai kontribusi sebesar 82,0%. Kata kunci : informasi dunia kerja, kesiapan kerja, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 21 Jan 2014 01:49
Last Modified: 29 Jan 2019 18:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10877

Actions (login required)

View Item View Item