PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI SE-KOTA MADYA YOGYAKARTA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI

Pandu Wicaksana, Nugraha (2013) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI SE-KOTA MADYA YOGYAKARTA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan skripsi 09520244010(1).pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh minat belajar siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi, (2) pengaruh perhatian orang tua siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi, (3) pengaruh minat belajar dan perhatian orang tua siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian Survei. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK negeri se-kota madya Yogyakarta sebanyak 358 responden. Penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Penelitian ini terdiri dari empat variabel yaitu: minat belajar (X1), perhatian orang tua (X2) sebagai variabel bebas, motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas Isi dan Validitas Konstruksi sedangkan reliabilitas diketahui melalui Alfa Cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 26,9%, (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 24%, (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan perhatian orang tua siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 33,9%. Kata kunci : minat belajar, motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi, perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 26 Dec 2013 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 18:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10864

Actions (login required)

View Item View Item