PEMANFAATAN FASILITAS MS-WORD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA DI KELAS WRITING III

Erna Andriyanti, S.S., M.Hum. (2008) PEMANFAATAN FASILITAS MS-WORD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA DI KELAS WRITING III. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Erna_Andriyanti2.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini melibatkan mahasiswa Writing I kelas Dik I Program Studi Penelitian dengan berjudul “Pemanfaatan Fasilitas Ms-Word sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Ma¬ha¬siswa di Kelas Writing I” merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pendapat mahasiswa Writing I di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris terhadap pe¬man¬faat¬an fasilitas dalam program MS-Word dalam proses belajar meng¬ajar di kelas mereka; 2) Mendeskripsikan pengaruh peman¬faat¬an fasilitas dalam pro gram MS-Word terhadap kemampuan menulis mahasiswa Writing I; 3) Mengidentifikasi kendala yang muncul dalam pengaplikasian fasilitas dalam program MS-Word pada kelas Writing I. Pendidikan Bahasa Inggris di Jurusan PBI FBS UNY T.A. 2008/ 2009. Penelitian dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini merupakan data kualitatif yang berupa catatan lapangan per¬kuliah¬an, hasil angket mahasiswa dan hasil tulisan mahasiswa di kelas Writing I. Analisis data mencakup empat tahap, yaitu: 1) me¬ngumpul¬kan seluruh data dan membacanya, 2) mentabulasikan data tentang pendapat mahasaiswa, 3) mengkoreksi data yang berupa tulisan mahasiswa, dan 4) menginterpretasikan data. Hasil penelitian menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Pendapat mahasiswa terhadap pemanfaatan fasilitas ba¬hasa MS-Word untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas Writing I rata-rata positif. Terkait dengan atmosfer akademik kelas menjadi lebih hidup, aktif d an menyenangkan. Proses belajar mengajar dilakukan secara interaktif dan berjalan dengan efektif dan efisien. Terkait dengan perubahan pada diri mahasiswa, sebagi¬an besar dari mahasiswa menyatakan bahwa kemampuan mer eka dalam menulis menjadi lebih meningkat. Hal ini karena mereka bisa langsung mengetahui kesalahan spelling, punctuation dan grammar secara langsung dan bisa sekaligus mengetahui hal yang benar. Beberapa mahasiswa menyatakan bahwa mereka menjadi mandiri, termotivasi, terbiasa menulis dalam bahasa Inggris dan lebih mudah dalam mengembangkan gagasan. Dosen merasakan manfaat pengaplikasian fasilitas MS-Word karena bisa menghemat tenaga dan waktu, dan lebih bisa mengontrol kelas; (2) Pe¬man¬faatan fasilitas MS-Word berpengaruh secara signifikan karena membuat keterampilan menulis mahasiswa dengan menggunakan bahasa Inggris menjadi lebih meningkat, terutama dalam hal spelling, punctuation dan grammar. Minimum requirements bisa dilampaui oleh sebagian besar mahasiswa. Tidak ditemukan banyak kesalahan fatal dalam pekerjaan tulisan mahasiswa. Kesalahan yang perlu dikoreksi oleh dosen adalah pemilihan kata atau diksi. Diksi sebetulnya ada pada fasilitas style. Tetapi karena memang fasilitas ini belum dikuasai dengan baik oleh mahasiswa maka kesalahan tetap ada; (3) Beberapa kendala yang ditemukan dalam implementasi tindakan kelas untuk memanfaatkan fasilitas MS-Word di kelas Writing I bersifat teknis, yaitu jumlah mahasiswa repeaters yang relatif terlalu banyak sehingga pembelajaran menjadi kurang nyaman dan gangguan-gangguan dalam penggunaan kom¬puter. Gangguan dalam penggunaan komputer seringkali bisa diatasi dengan cepat baik oleh dosen maupun oleh teknisi lab. Ada juga kendala yang bersifat akademik, yaitu kesulitan dalam meng¬apli¬kasikan fasilitas untuk pilihan style yang disebabkan oleh penge¬tahuan kebah asaan mahasiswa semester 1 yang masih terlalu dasar untuk memilih style. Kata kunci: MS-Word; keterampilan menulis; spelling, functuation, grammar FBS, 2008 (PEND. BHS INGGRIS)

Item Type: Other
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Inggris > Pendidikan Bahasa Inggris
Date Deposited: 27 Jun 2012 06:36
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item