PENERAPAN ANALISIS KOMPONEN UTAMA DALAM MENILAI MODEL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Dadan , Kusnandar and Naomi , Nessyana Debataraja (2013) PENERAPAN ANALISIS KOMPONEN UTAMA DALAM MENILAI MODEL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, "Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang lebih Baik". ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
S - 7.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Sekolah harmoni hijau (SHH) adalah sebuah pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan pembelajaran dengan konteks alam, budaya dan kearifan lokal untuk menanamkan karakter positif pada siswa agar dapat hidup harmoni dengan dirinya, sesama dan alam. Hal ini sejalan dengan pendidikan berkarakter menurut Kemendiknas yang bukan hanya sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. SHH merupakan sekolah binaan dari Wahana Visi Indonesia. Data dalam penelitian ini diambil dari Baseline Survey Report Wahana Visi Indonesia area Singkawang meliputi lima Sekolah Dasar Negeri sebagai responden (2 sekolah model, 2 sekolah replikasi dan 1 non-intervensi) dengan jumlah responden dari setiap sekolah sebanyak 29-30 anak. Setiap kuesioner terdiri dari 33 pertanyaan sebagai variabel penelitian. Analisis komponen utama digunakan untuk mereduksi jumlah variabel untuk dianalisis lebih lanjut. Kemudian analisis variansi dan kontras orthogonal diterapkan terhadap komponen-komponen utama hasil reduksi. Hal ini bertujuan untuk membandingkan nilai rata-rata perlakuan setiap sekolah. Kata kunci: Sekolah harmoni hijau, analisis komponen utama, analisis variansi, kontras ortogonal

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 10 Dec 2013 03:28
Last Modified: 10 Dec 2013 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10826

Actions (login required)

View Item View Item