EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VISUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO COMPACT DISC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER SMP N 1 KARTASURA

Hafid, Arrofiqi (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VISUALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO COMPACT DISC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER SMP N 1 KARTASURA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09520244079_ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) materi Perangkat Keras Komputer pada yang pembelajarannya menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis Video Compact Disc (VCD) dengan siswa yang pembelajarannya tidak menguunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD; (2) mengetahui efektivitas penggunaan visualisasi pembelajaran berbasis VCD. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-komparatif yaitu penelitian eksperimen semu (Quasi experiment). Untuk mengukur hasil belajar mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi digunakan test. Soal test tersebut sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilias. Untuk mencari perbedaan hasil belajar yang digunakan adalah uji-t. Sedangkan untuk mencari efektivitas penggunaan visualisasi pembelajaran yang digunakan adalah uji gain score. Setelah dilakukan analisis data penelitian dapat diambil kesimpulan (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD pada Mata Pelajaran TIK kelas VII di SMP N 1 Kartasura. Sebelum menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD, rata-rata hasil belajar adalah 65,56 dan setelah menggunakan visualisasi pembelajaran berbasis VCD meningkat menjadi 86,67. (2) Hasil dari perhitungan uji gain score menunjukan hasil sebesar 0,613. Dari hasil perhitungan uji gain score tersebut maka penggunaan visualisasi pembelajaran berbasis VCD termasuk efektif dengan kategori sedang. Kata Kunci : perbedaan, efektivitas, visualisasi pembelajaran berbasis VCD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 10 Dec 2013 02:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10823

Actions (login required)

View Item View Item