Zuli, Nuraeni, S.Pd (2013) PERMAINAN ANAK UNTUK MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 88.pdf Download (69kB) | Preview |
Abstract
Masalah umum dalam pendidikan matematika di Indonesia adalah rendahnya minat terhadap matematika karena siswa merasa belajar matematika adalah belajar menghafal rumus yang lalu mereka formulasikan untuk menyelesaikan soal-soal. Untuk siswa SD pembelajaran seperti ini akan sangat membosankan dan sama sekali tidak bermakna karena jauh dari karakteristik mereka yang masih suka bermain. Makalah ini akan membahas tentang pembelajaran kontekstual yang bisa kita terapkan dalam pembelajaran matematika, kaitannya dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sehingga pelajaran matematika itu bukan lagi momok untuk siswa SD tetapi menjadi matematika yang menyenangkan (fun mathematic) karena anak-anak bisa belajar matematika dalam permainannya. Banyak penelitian yang menemukan bahwa strategi permainan ternyata efektif untuk memotivasi anak belajar matematika dan sekaligus membuat pembelajaran itu semakin bermakna. Fokus dari makalah ini adalah contoh-contoh permainan yang dapat mendukung proses pembelajaran matematika dan peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran matematika yang bermakna yang secara tidak langsung sudah terintegrasi dalam permainan. Kata kunci: pembelajaran kontekstual, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pembelajaran berbasis permainan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 21:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 21:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10811 |
Actions (login required)
View Item |