PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS VIII

Yuli , Sulistyowati (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS VIII. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 86.pdf

Download (72kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran interaktif dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi volume bangun ruang kelas VIII. Volume bangun ruang yang dimaksud meliputi volume kubus, balok, prisma, dan limas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap pertama adalah melakukan analisis kebutuhan siswa kelas VIII dan analisis kurikulum yang bersesuaian dengan materi volume bangun ruang kelas VIII. Tahap kedua adalah pembuatan desain media pembelajaran yang meliputi pembuatan skenario, storyboard, dan flowchart serta pembuatan dan pengumpulan image, button, clip art, sound, dan animasi. Dalam tahap ketiga yaitu development, skenario media pembelajaran dikembangkan menjadi media pembelajaran interaktif dengan menggunakan program utama Adobe Flash CS 4 yang kemudian dikemas dalam bentuk Compact Disk (CD). Tahap selanjutnya adalah mengimplementasikan media kepada pengguna yaitu guru dan siswa. Langkah terakhir dalam penelitian pengembangan ini adalah mengevaluasi pengembangan media pembelajaran interaktif. Berdasarkan hasil evaluasi pengembangan oleh ahli media dan ahli materi yaitu dua dosen Universitas Negeri Yogyakarta, media yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dengan kategori baik. Berdasarkan hasil evaluasi kualitas oleh tiga guru dan 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wonosobo, media dinyatakan sangat baik. Media pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai karakteristik sebagai berikut: (1) kelengkapan komponen media pembelajaran; (2) kejelasan tujuan pembelajaran; (3) kebenaran konsep; (4) terpenuhinya komponen Contextual Teaching and Learning (CTL); (5) fasilitas umpan balik (feedback); (6) kemudahan dalam penggunaan; (7) ketersediaan program pendukung pembelajaran; (8) ketersediaan soal evaluasi; (9) kualitas tampilan; (10) kualitas bahasa; dan (11) mudah dibawa. Kata kunci: media pembelajaran interaktif, CTL, volume bangun ruang

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10809

Actions (login required)

View Item View Item