Sudi , Prayitno and St. , Suwarsono and Tatag , Yuli Eko Siswono (2013) KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERJENJANG DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 73.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi matematis merupakan kesanggupan siswa dalam memahami, menyatakan dan menafsirkan gagasan matematika menggunakan bahasa dan representasi matematika baik secara lisan maupun tertulis. Berdasarkan tingkatan berpikir siswa, soal-soal matematika dapat dijenjangkan, yaitu meliputi (1) mengeksplorasi dan mengingat kembali: fakta, prinsip, dan prosedur, (2) mempraktekkan latihan dan keterampilan, (3) memecahkan masalah, dan (4) menginvestigasi. Penelitian ini berjenis kualitatif, dimana pengambilan datanya dilakukan melalui pekerjaan tertulis siswa, penyampaian pekerjaan secara lisan dan wawancara mendalam. Hasil penelitian siklus awal menunjukkan bahwa tiap-tiap jenjang soal matematika mengeksplorasi unsur-unsur kemampuan komunikasi matematis yang berbeda-beda. Berdasarkan gender, siswa laki-laki cenderung lebih baik dalam hal komunikasi matamatis secara tertulis, sedangkan siswa perempuan lebih baik dalam komunikasi matematis secara lisan. Kata kunci: komunikasi matematis, siswa SMP, soal matematika berjenjang, gender.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:45 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 06:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10796 |
Actions (login required)
View Item |