PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA

Sri , Sudarini (2013) PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 71.pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Persoalan karakter bangsa yang semakin lemah membangkitkan dunia pendidikan untuk mengembalikan pondasi bangunan karakter di setiap mata pelajaran .Keberhasilan Implementasi pendidikan karakter pada matematika dan pembelajarannya tergantung pada kekuatan matematika, kekuatan pembelajaraan matematika, serta kekuatan karakter guru matematika dalam memberikan teladan yang baik pada siswanya. Mengintegrasikan pendidikan karakter pada mata pelajaran matematika, tak semudah membalik tangan, beberapa guru berpendapat kadang-kadang harus mengada-adakan materi baru agar bisa disisipkan kedalamnya pesan moral yang sesuai dengan tujuan karakter yang ingin dicapai. Sesuai dengan anggapan kita bahwa matematika dan beberapa mata pelajaran lain (selain Pendidikan Agama dan PKn) hanya sebagai Nurturant Effec(dampak pengiring) pada pendidikan karakter, maka matematika dan pembelajarannya tak menitikberatkan baik materi maupun penilaiannya pada ranah afektif. Dapatkah matematika dipandang sebagai mata pelajaran berinstructional effect, apakah hal ini akan menyebabkan muatan kognitifnya menjadi lemah? Kata Kunci : Kekuatan Matematika, Kekuatan pembelajaran matematika, Kekuatan, karakter guru matematika.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10794

Actions (login required)

View Item View Item