Sri , Sudarini (2013) PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 71.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Persoalan karakter bangsa yang semakin lemah membangkitkan dunia pendidikan untuk mengembalikan pondasi bangunan karakter di setiap mata pelajaran .Keberhasilan Implementasi pendidikan karakter pada matematika dan pembelajarannya tergantung pada kekuatan matematika, kekuatan pembelajaraan matematika, serta kekuatan karakter guru matematika dalam memberikan teladan yang baik pada siswanya. Mengintegrasikan pendidikan karakter pada mata pelajaran matematika, tak semudah membalik tangan, beberapa guru berpendapat kadang-kadang harus mengada-adakan materi baru agar bisa disisipkan kedalamnya pesan moral yang sesuai dengan tujuan karakter yang ingin dicapai. Sesuai dengan anggapan kita bahwa matematika dan beberapa mata pelajaran lain (selain Pendidikan Agama dan PKn) hanya sebagai Nurturant Effec(dampak pengiring) pada pendidikan karakter, maka matematika dan pembelajarannya tak menitikberatkan baik materi maupun penilaiannya pada ranah afektif. Dapatkah matematika dipandang sebagai mata pelajaran berinstructional effect, apakah hal ini akan menyebabkan muatan kognitifnya menjadi lemah? Kata Kunci : Kekuatan Matematika, Kekuatan pembelajaran matematika, Kekuatan, karakter guru matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 21:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 21:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10794 |
Actions (login required)
View Item |