Sri , Eka Wahyuni and Pinta , Deniyanti and Meiliasari, Meiliasari (2013) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRIS PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DENGAN TEORI VAN HIELE DAN PENDEKATAN PMRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 69.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
Bangun datar segiempat merupakan salah satu materi dalam matematika yang menyajikan fenomena visual yang bersifat abstrak. Pembelajaran seharusnya dilakukan bertahap diawali dengan model benda-benda nyata dan harus sesuai dengan tingkat berpikir siswa. Van Hiele menjelaskan tingkat berpikir geometris yaitu visualisasi, analisis, dan deduktif informal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan geometris siswa dengan teori tingkat berpikir Van Hiele dan pendekatan PMRI. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase siklik yaitu, fase persiapan dan desain, fase pelaksanaan dan fase analisis retrospektif. Data pada penelitian ini diperoleh dari lembar kerja siswa, lembar wawancara, lembar catatan lapangan, Hipotesis Lintasan Belajar (HLB) dan video-tape. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, pembelajaran yang sesuai dengan teori Van Hiele dan PMRI dapat mengembangkan kemampuan geometris siswa. Siswa dapat memahami visualisasi bentuk segiempat, menganalisis sifat-sifat segiempat, dan memahami hubuangan antar bentuk segiempat. Prinsip PMRI yang mempengaruhi perkembangan berpikir siswa yaitu penggunaan konteks, penggunaan model, pemanfaatan hasil konstruksi siswa, interaktivitas, dan keterkaitan. Kata kunci: Segiempat, PMRI, Teori Van Hiele
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 21:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 21:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10792 |
Actions (login required)
View Item |