UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

Siska , Candra Ningsih (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 68.pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah mahasiswa kelas VI A2 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta pada mata kuliah Metode Numerik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada pembelajaran Metode Numerik melalui pendekatan Creative Problem Solving.Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah Metode Numerik dengan menggunakan pendekatan Creative Problem Solving untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, catatan lapangan dan wawancara.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia baik data kualitatif maupun data kuantitatif.Hasil penelitian adalah ada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa. Sebelum tindakan, hasil tes pemahaman konsep hanya memperoleh nilai rata – rata kelas 27.86 dengan ketuntasaan belajar 3.57% (kriteria sangat rendah), setelah tindakan meningkat menjadi 77.50 untuk rata – rata kelas dan ketuntasan belajar 82.14% (kriteia tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada mata kuliah Metode Numerik. Kata kunci : Pemahaman konsep, Creative Problem Solving.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10791

Actions (login required)

View Item View Item