MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING SISWA KELAS IXF SMP NEGERI 2 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

Rosalia Hera Rahayuningrum, S.Pd (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING SISWA KELAS IXF SMP NEGERI 2 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 66.pdf

Download (241kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika melalui metode penemuan terbimbing dan mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IXf di SMP Negeri 2 Imogiri Bantul. Tindakan ini dilaksanakan dua siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, wawancara siswa, catatan lapangan, angket siswa dan tes tertulis. Langkah pelaksanaan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing yaitu : (1) guru memberikan apersepsi, motivasi, tujuan permasalahan dan LKS serta alat peraga yang dibutuhkan, (2) siswa berkelompok menyusun, memproses, mengorganisir dan menganalisis LKS tersebut untuk menyelesaikan masalah (3) Guru membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, (4)Siswa mempresentasikan hasil kegiatan (5) Siswa menyimpulkan hasil yang telah ditemukan dengan bimbingan guru (6) Guru memberikan soal latihan. Adapun peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas pada pre-tes sebesar 48.15 , nilai tes siklus 1 sebesar 65.81 , nilai tes siklus 2 sebesar 73.30, dan meningkat lagi pada nilai post-tes sebesar 76.56. Setiap aspek kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan dengan perincian persentase rata-rata skor setiap aspek kemampuan pemecahan masalah dari siklus 1 ke siklus 2 adalah (a) mendefinisikan masalah dari 95.56 menjadi 97.04, (b) merencanakan pemecahan masalah dari 76.00 menjadi 82.98, (c) menyelesaikan masalah dari 54.81 meningkat menjadi 63.26, (d) mengevaluasi kembali pemecahan masalah dari 36.89 menjadi 49.93. Berdasarkan hasil angket persepsi siswa, siswa memberikan persepsi yang positif terhadap pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing. Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah, metode penemuan terbimbing

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item View Item