KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DENGAN MEDIA GEOGEBRA

Ristontowi, Ristontowi (2013) KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DENGAN MEDIA GEOGEBRA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 64.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Standar diberikannya geometri di sekolah diantaranya adalah agar siswa mempunyai kemampuan penalaran spasial untuk menyelesaikan masalah. Alternatif untuk menumbuhkan kemampuan spasial adalah dengan menggunakan media program Geogebra. Berbagai pendekatan pembelajaran dapat dipadankan dengan penggunaan Geogebra. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Peningkatan kemampuan spasial antara siswa yang diajar melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) menggunakan media Geogebra dan tanpa menggunakan media Geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kaur Tengah sedangkan sampel diambil dengan teknik sampel acak kelas. Analisis data menggunakan data N-Gain kemampuan spasial siswa. Hasil penelitian menyimpulkan tidak ada perbedaan peningkatan kemampuan spasial siswa menggunakan media Geogebra dengan tanpa menggunakan media Geogebra melalui Pendekatan PMRI. Kata Kunci: kemampuan spasial, media geogebra, pendekatan PMRI

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10787

Actions (login required)

View Item View Item