MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Rahmatya , Nurmeidina (2013) MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 61.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang memiliki kemampuan kognitif, psikomotorik dan afektif. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan oleh prestasi akademik, tetapi juga dipengaruhi oleh kepribadian dan karakter. Karakter merupakan watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan yang diyakini dan digunakan sebagai landasan dalam cara pandang, berfikir, bersikap, dan bertindak. Karakter siswa dapat dilihat dari kepribadian siswa sehari-hari, baik dalam pembelajaran di sekolah, maupun ketika pergaulan di luar sekolah. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan suatu pembelajaran yang dapat mengembangkan karakter siswa. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata bagi siswa dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan kontekstual mempunyai tujuh komponen utama, yakni konstruktivisme (constructivism), penemuan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian yang sebenarnya (authentic assessment). Pembelajaran matematika yang memuat komponen-komponen tersebut dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan rasa ingin tahu, percaya diri, kerja sama, kemadirian, kerja keras dan nilai-nilai karakter lainnya. Kata kunci : Karakter, Pendekatan Kontekstual

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10784

Actions (login required)

View Item View Item