MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL SISWA SMP PADA KONSEP VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA

Nurlatifah, Nurlatifah and Aris , Hadiyan Wijaksana and Wardani , Rahayu (2013) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL SISWA SMP PADA KONSEP VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 59.pdf

Download (544kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Kemampuan penalaran spasial merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam membangun kemampuan struktur spasial siswa, yaitu kemampuan memahami struktur susunan kubus satuan yang diintegrasikan dan dikoordinasikan dalam ruang tiga-dimensi, guna memahami konsep volume dan luas permukaan suatu bangun ruang. Di sekolah menengah pertama, pembelajaran konsep volume dan luas permukaan dilaksanakan dengan pendekatan mekanistik yang mengedepankan pengetahuan prosedural siswa. Hal ini menyebabkan siswa tidak memahami konsep volume dan luas permukaan serta keterkaitan kedua konsep tersebut dengan baik. Demi mengatasi hal tersebut, inovasi pembelajaran harus dilakukan. Penelitian ini menyajikan serangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan kemampuan penalaran spasial siswa dan memungkinkan siswa untuk melakukan matematisasi pada situasi kontekstual dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Desain research dipilih sebagai sarana yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini, rangkaian kegiatan pembelajaran didesain berdasarkan atas hipotesis lintasan belajar siswa. Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas 8 SMPI Al-Azhar 12 Rawamangun, Jakarta. Kata kunci: Penalaran spasial, Volume dan luas permukaan, Desain research, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10782

Actions (login required)

View Item View Item