STRATEGI-STRATEGI YANG BERBEDA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PENGURANGAN MENGGUNAKAN GARIS BILANGAN

Nila Mareta , Murdiyani (2013) STRATEGI-STRATEGI YANG BERBEDA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PENGURANGAN MENGGUNAKAN GARIS BILANGAN. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 57.pdf

Download (51kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Pengurangan dapat diselesaikan dengan menggunakan lebih dari satu strategi. Biasanya, orang cenderung menggunakan "strategi mengambil" ketika menghadapi masalah pengurangan. Artikel ini menjelaskan sebuah penelitian dimana tiga orang siswa kelas satu Sekolah Dasar diberi serangkaian masalah pengurangan dan mereka dibimbing untuk menggunakan garis bilangan dalam menyelesaikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa garis bilangan dapat mendorong siswa untuk menerapkan strateg-strategi yang berbeda (pengurangan langsung, penjumlahan tidak langsung, dan pengurangan tidak langsung) dalam menyelesaikan pengurangan. Garis bilangan berfungsi sebagai representasi mental yang fleksibel yang dapat mencerminkan strategi siswa untuk memecahkan masalah pengurangan dan dapat membantu siswa untuk memvisualisasikan langkah-langkah perhitungan yang diperlukan dalam menemukan solusi masalah pengurangan. Kata kunci: pengurangan, garis bilangan

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

View Item View Item