LEVEL KOGNITIF SOAL-SOAL BUKU PELAJARAN MATEMATIKA SMP

Masduki, Masduki and Marlina , Ratna Subandriah and Dhiki , Yudha Irawan and Agus, Prihantoro (2013) LEVEL KOGNITIF SOAL-SOAL BUKU PELAJARAN MATEMATIKA SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 53.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Dalam paper ini, disajikan hasil analisis terhadap soal-soal uji kompetensi pada buku teks pelajaran matematika tingkat SMP. Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran, namun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buku ajar merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan apa yang dipelajari oleh siswa. Hasil laporan dari TIMSS dan PISA yang menunjukkan rendahnya kemampuan matematika siswa Indonesia menjadi alasan pentingnya dilakukan kajian terhadap buku teks pelajaran matematika. Kajian ini dilakukan dengan menganalisis soal-soal uji kompetensi dalam buku teks dilihat dari aspek kognitif. Untuk mengkaji aspek kognitif digunakan rumusan dari Mullis dkk (2009). Dalam penelitian ini dipilih masing-masing tiga buku teks untuk kelas VII, VIII, dan IX. Berdasarkan analisis terhadap soal-soal uji kompetensi buku teks pelajaran matematika diperoleh hasil bahwa aspek penerapan mendapatkan porsi yang sangat dominan dengan persentase 66% - 92%. Sedangkan aspek penalaran hanya mendapatkan porsi yang paling kecil dengan persentase 0,39% - 11,63%. Hasil kajian ini mengkonfirmasi mengapa siswa Indonesia dinilai lemah kemampuan matematikanya berdasarkan laporan TIMSS dan PISA karena siswa tidak terlatih untuk menyelesaikan soal-soal yang menuntut kemampuan penalaran mereka. Kata kunci: level kognitif, buku teks pelajaran matematika

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item View Item