Lilik , Hidayati and Ripai, Ripai (2013) SISTEM KOMPUTASI BLACKBOX UNTUK OPTIMASI PENGKOREKSIAN MULTI TIPE DAN TEKNIK SKORSING SOAL OBYEKTIF. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 52.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
Tes sebagai alat seleksi maupun evaluasi harus bermutu agar dapat menghasilkan nilai yang obyektif dan akurat sehingga penilaian yang diberikan kepada siswa bersifat adil. Secara emperis, tes disebut bermutu apabila memenuhi persyaratan/sifat (1) Option pengecoh berfungsi, (2) memiliki tingkat kesukaran yang ideal, (3) dapat membedakan kelompok atas dan bawah, (4) Valid dalam mengukur kemampuan siswa dan (5) reliable/konsisten dalam memberikan penilaian. Kesulitan guru dalam melakukan analisis mutu tes karena harus dilakukan secara kuantitatif sesuai deskripsi parameter matematis dan statistik persyaratan mutu dari respon jawaban siswa. Kondisi ini lebih sulit dilakukan ketika kebijaksanaan pemerintah dalam ujian nasional mengunakan model soal dengan multi tipe, dimana kontruksi indikator soal secara acak, menyulitkan guru untuk melakukan pengoreksian manual dengan berbagai tipe kunci jawaban. Lebih lanjut guru juga harus dapat melakukan penyusunan kembali option jawaban siswa menurut kesamaan indikator. Hal ini diperlukan karena analisis mutu tes dan harus didasarkan atas butir dengan konten isi mengukur indikator yang sama. Penelitian dilakukan guna mengembangkan sistem komputasi BlackBox yang dapat melakukan uji mutu tes secara simultan dari model multi tipe tes pilihan ganda. Hasil pengembangan yang telah dilakukan mengunakan software MATLAB membuahkan 10 (sepuluh) m-function yang dapat saling berintraksi untuk melakukan komputasi uji mutu tes secara simultan. (1) m-function susun untuk menyusun option jawaban siswa menurut butir indikator tes, (2) m-function koreksi, unutk mengoreksi jawaban siswa, (3) m-function kwalitas pengecoh untuk analisis berfungsinya option pengecoh, (4) m-function tingkat kesukaran untuk analisis tingkat kesukaran butir tes, (5) m-function dayabeda untuk analisis butir soal yang dapat membedakan kelompok atas dan bawah, (6) m-function poinbiserial, untuk mengukur kesahihan (validitas) butir soal dalam mengukur kemampuan siswa, (7) m-function KR20 untuk mengukur konsistensi (reliabilitas) butir soal dalam memberikan penilaian kepada siswa, (8) m-function seleksi butir untuk membuang butir soal yang tidak memenuhi syarat mutu, (9) m-function skor dan nilai untuk memberikan skor dan penilaian kepada siswa berdasarkan butir soal yang bermutu dan (10) m-function uji mutu tes untuk melakukan analisis uji mutu tes secara simultan. Hasil pengembangan m-function tersebut akan dikembangkan lagi menjadi sistem komputasi berbasis Grafik User Interface (GUI) dan aplikasi project agar user (penguna) mudah dalam mengunakan sistem komputasi BlackBox yang dikembangkan. Kata Kunci : Komputasi Blackbox, Mutu Soal, Tipe Soal Objektif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 21:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 21:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10775 |
Actions (login required)
View Item |