La , Misu and Rosdiana, Rosdiana (2013) PENGEMBANGAN TEORI PEMBELAJARAN PERILAKU DALAM KAITANNYA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DI SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 48.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Umumnya, kemampuan siswa baik sekolah dasar maupun sekolah menengah dalam memecahkan masalah matematik sangat rendah. Ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru kurang melatihkan siswanya dengan soal-soal cerita dan soal opend ended. Disamping itu, ada beberapa kendala dalam memaksimalkan interaksi kooperatif, yaitu banyak waktu terbuang karena materi prasyarat kurang dikuasai, siswa belum terbiasa belajar kooperatif, kemampuan kritis dan kreatif siswa rendah sehingga tidak memiliki banyak strategi dalam memecahkan masalah matematik. Selanjutnya, untuk mengatasi lemahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematik, guru perlu melatih siswa tentang karakter dan perilaku yang mengarah pada kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran selama di dalam kelas. Ada beberapa hal yang perlu dikembangkan oleh seorang guru kaitannya dengan pemecahan masalah matematik adalah (1) pemilihan kooperatif sebagai pendekatan pembelajaran, (2) melatih siswa menghadapi berbagai masalah yang semakin kompleks, (3) pemecahan masalah lebih ditekankan pada masalah dunia nyata, dan (4) pada proses pembelajaran siswa diberikan penguatan positif dan penguatan negative. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1. Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa masih sangat rendah. 2. Kemampaun pemecahan masalah matematik siswa di kelas IPA lebih baik dari kelas IPS. 3. Pada proses pembelajaran umumnya guru belum sepenuhnya menerapkan teori perilaku dan pemberian soal-soal cerita serta permasalahan yang kompleks. Kata Kunci: Teori Pembelajaran Perilaku, Pemecahan Masalah Matematik Siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 21:14 |
Last Modified: | 10 Dec 2013 01:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10771 |
Actions (login required)
View Item |