Ika, Kurniasari (2013) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI MATERI DIMENSI TIGA KELAS XI IPA SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 41.pdf Download (29kB) | Preview |
Abstract
Penyelesaian soal materi dimensi tiga bagi siswa SMA terdapat banyak kendala. Kendala yang siswa hadapi yaitu tidak mampu dalam memahami soal sehingga banyak terjadi kesalahan. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa pada materi dimensi tiga digunakan sebagai acuan untuk memediasi siswa berdasarkan fungsi kognitifnya. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tempat Penelitian yaitu di SMA Al Falah Surabaya dan SMAN 1 Kertosono. Hasil penelitian ini menunjukkan banyak kesalahan yang dilakukan siswa dari tingkat tertinggi sampai ke rendah adalah kesalahan abstraksi yaitu pada pengabstraksian penentuan jarak pada bidang, sudut antara garis dan bidang, kesalahan prosedural yaitu pada perhitungan bentuk akar dan penggunaan rumus phytagoras dan kesalahan konsep terjadi pada konsep jarak serta konsep sudut. Kata kunci: Kesalahan Siswa, Dimensi Tiga
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 21:14 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 06:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10764 |
Actions (login required)
View Item |