IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMKN 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Ernawati, Ernawati (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMKN 1 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 34.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Salah satu jenis pendidikan pada tingkat menengah atas dalam ruang lingkup pembangunan nasional di bidang pendidikan adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Matematika di SMK sangat penting, karena kemampuan penguasaan matematika di SMK menjadi landasan penting dalam mempelajari matematika ke jenjang yang lebih tinggi maupun untuk diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Guru matematika kelas X Administrai Perkantoran SMKN 1 Banjarmasin mengatakan bahwa materi pembelajaran cenderung diajarkan dengan pengajaran langsung. Hal ini dapat menimbulkan kebosanan pada siswa. Banyak siswa yang menyenangi suatu pelajaran karena berawal dari rasa senang terhadap cara yang dilakukan guru dalam menyampaikan pelajaran, sehingga merasa termotivasi untuk mengikuti pelajaran yang akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar. Salah satu strategi atau pendekatan yang dapat digunakan agar pembelajaran dapat dipahami dan disenangi serta menjadi lebih bermakna bagi siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match tinggi, namun pada beberapa aspek masih kurang tinggi. Hasil belajar siswa termasuk dalam kualifikasi baik. Siswa juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model ini. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe make a match, aktivitas, hasil belajar, respon

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item View Item