IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING APPROACH DAN MODEL COOPERATIVE LEARNING NUMBER GROUP PRESENTATIONUNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IX-H SMP NEGERI 2 WONOSOBO PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Endro , Wibowo (2013) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING APPROACH DAN MODEL COOPERATIVE LEARNING NUMBER GROUP PRESENTATIONUNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IX-H SMP NEGERI 2 WONOSOBO PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 33.pdf

Download (431kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk meningkatkan sikap dan prestasi belajar matematika kompetensi dasar bangun ruang sisi lengkung. Kegiatan penelitian diawali dengan kegiatan observasi dan refleksi diri terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang diampu oleh peneliti. Setelah dilakukan identifikasi masalah, pembatasan masalah, kajian pustaka, dan kajian penelitian terdahulu yang relevan dengan permasalahan yang ada maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana Implementsi Contextual Teaching and Learning Approach dan Model Cooperative Learning Number Group Presentation dapat Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar Matematika Kompetensi Dasar Bangun Ruang Sisi Lengkung bagi Peserta Didik di Kelas IX-H SMP Negeri 2 Wonosobo pada Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014?. Metodologi Penelitian ini secara singkat adalah sebagai berikut: sebelum penelitian dilakukan pemberian angket sikap dan tes kemampuan awal kepada peserta didik untuk memastikan keadaan sebenarnya sebelum penelitian dilaksanakan (bukan sekedar dugaan) bahwa sikap positif dan prestasi belajar peserta didik perlu ditingkatkan. Pada penelitian siklus I di lakukan tindakan Implementasi Contextual Teaching and Learning Approach dan Model Cooperative Learning Number Group Presentation, dan pada akhir siklus peserta didik diberikan angket sikap dan tes kompetensi akhir siklus I. Hasil angket sikap dan tes kompetensi dianalisis sebagai bahan refleksi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran pada siklus I. Hasil refleksi siklus I digunakan untuk perbaikan rencana pelaksanaan pembelajaran Siklus II. Demikian seterusnya sampai terjadi peningkatan yang diharapkan. Dengan memperhatikan hasil analisis dan pembahasan terhadap data-data penelitian berikut; keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I dan siklus II sesuai standar proses : 85.37% dan 94.44%. keterlaksanaan Contextual Teaching and Learning Approach : 90% dan 100%. keterlaksanaan Model Cooperative Learning Number Group Presentation : 70% dan 100%. Perkembangan Sikap peserta didik terhadap mata pelajaran matematika mulai dari prasiklus, Siklus I, dan siklus II pada kategori baik sekali; 9.38%, 12.50%, dan 28.13%, kategori baik; 75%, 78.13%, dan 62.50%, kategori sedang; 15,63%, 9.38%, dan 6.25%, kategori kurang baik : 0%, 0%, dan 3.13%, kategori tidak baik : 0.00%, 0.00%, dan 0.00 %. Perkembangan prestasi belajar matematika dari Siklus I dan siklus II (Nilai Rata-rata; 85.53, 85.52 dan Ketuntasan Klasikal; 83.87%, 87%), maka peneliti menarik kesimpulan bahwa: “Implementasi Contextual Teaching and Learning Approach dan Model Cooperative Learning Number Group Presentation dapat Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar Matematika Kompetensi Dasar Bangun Ruang Sisi Lengkung bagi Peserta Didik di Kelas IX-H SMP Negeri 2 Wonosobo pada Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014”. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning Approach, Model Cooperative Learning

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10756

Actions (login required)

View Item View Item