Ekasatya, Aldila Afriansyah (2013) PENJUMLAHAN BILANGAN DESIMAL MELALUI PERMAINAN RODA DESIMAL. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 30.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Berbagai penelitian terdahulu mendasari pelaksanaan penelitian ini. Tidak sedikit siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bilangan desimal, terutama yang ditekankan di penelitian ini yaitu pada operasi penjumlahan bilangan desimal. Salah satu kekeliruannya adalah penggunaan sistem penjumlahan bilangan bulat yang siswa terapkan dalam persoalan penjumlahan bilangan desimal. Hal ini perlu segera diluruskan agar siswa tidak memiliki konsep yang keliru. Penelitian ini memiliki tujuan agar siswa mampu membangun pemahaman sistem penjumlahan bilangan desimal melalui suatu permainan, yaitu permainan roda desimal. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Ibtidaiah kelas V dari sekolah yang telah lama bergabung sebagai sekolah mitra PMRI, yaitu MIN 1 Palembang. Banyaknya siswa yang dilibatkan adalah 40 siswa, 6 siswa pada siklus pertama dan 34 siswa pada siklus kedua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif; design research dipilih sebagai tahapan pelaksanaan penelitian. Design research terdiri dari tiga tahap, yaitu: desain pendahuluan, percobaan mengajar, dan analisis retrospektif; tahapan ini dilakukan sebanyak dua siklus. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) menjadi ide dasar pemikiran seluruh konteks dan aktivitas pembelajaran yang diberikan. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa kegiatan yang telah di desain dapat membantu siswa memahami sistem bilangan desimal dalam situasi kontekstual melalui permainan roda desimal. Permainan ini melibatkan model for yang diharapkan muncul sebagai strategi yang digunakan siswa, yaitu garis bilangan. Melalui aktivitas dan soal kontekstual yang diberikan, siswa dibawa dari situasi informal menuju situasi yang lebih formal. Dengan pembelajaran seperti ini, siswa akan belajar dari pengalaman mereka sendiri dan memungkinkan mereka menemukan strategi terbaik untuk mereka gunakan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran pada penelitian ini berjalan dengan baik sehingga pantas untuk digunakan pada pembelajaran di sekolah level SD/MI. Kata kunci: penjumlahan bilangan desimal, design research, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, garis bilangan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 21:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 21:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10753 |
Actions (login required)
View Item |