PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK SMPLB/B KELAS IX BERDASARKAN STANDAR ISI

Dwi , Astuti and Trisnawati, Trisnawati (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK SMPLB/B KELAS IX BERDASARKAN STANDAR ISI. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 27.pdf

Download (402kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika untuk siswa tunarungu kelas IX SMPLB/B. Tujuan khusus yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: teridentifikasinya karakteristik bahan ajar matematika untuk siswa tunarungu kelas IX SMPLB/B, dan teridentifikasinya keefektifan pemanfaatan bahan ajar matematika yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar matematika adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Beberapa tahap yang akan dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Melakukan penelitian pendahuluan, (2) Mengumpulkan data sebagai tindak lanjut dari penelitian pendahuluan. (3) Menyusun bahan ajar matematika bagi siswa tunarungu di tingkat SMPLB/B kelas IX berdasarkan standar isi dalam Permendiknas tahun 2006, (4) Validasi produk, (5) Melakukan revisi produk pasca validasi, (6) Melakukan uji coba bahan ajar, (7) Melakukan revisi bahan ajar berdasarkan hasil uji coba, dan (8) Membuat bahan ajar final. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli tunarungu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar penilaian untuk ahli materi dan ahli tunarungu, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mempunyai karakteristik sebagai berikut: (1) sesuai dengan ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi matematika SMPLB/B, (2) bersifat kontekstual, (3) menggunakan bahasa yang sederhana, (4) ada visualisasi konsep. Berdasarkan hasil wawancara, hasil pretest (nilai rata-rata 4,5) dan hasil post test (nlai rata-rata 7,125) maka bahan ajar yang dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa tunarungu di SMPLB/B. Kata kunci: bahan ajar matematika SMPLB/B, standar isi

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item