Edy , Tandililing (2013) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATISSISWA MELALUI PENDEKATAN ADVOKASI DENGAN PENYAJIAN MASALAH OPEN-ENDED PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 26.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan disain pretes-postes kelompok kontrol dengan tujuan menelaah pengaruh pendekatan Advokasi dengan penyajian masalah Open-ended pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Subyek penelitian sebanyak 80 siswakelas XIISMA. Instrumen penelitian terdiri dari satu set tes koneksi matematis siswa. Analisis data menggunakan, Uji X2, Uji Kosmogorov-Smirnov (Uji Z) uji Levene. dan Anava dua jalur.Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Advokasi dengan penyajian masalah Open-ended memberikan pengaruh konsisten dibandingkan dengan pengaruh pembelajaran konvensional.Selain itu, penelitian juga menemukan: (1) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan Advokasi dengan penyajian masalah Open-ended dan pengetahuan awal matematis siswa (PAM) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. (2) terdapatasosiasi antara kemampuan koneksi matematis siswa dan hasil belajar siswa. Kata-kata kunciPendekatan advokasi, Open-ended, dan koneksi matematis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 21:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 21:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10749 |
Actions (login required)
View Item |