PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Doni Setiyo , Ardiyanto (2013) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 23.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual yang dilengkapi hands on problem solving untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Penelitian merupakan penelitian tidakan kelas, yaitu pada pembelajaran standar kompetensi memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah, dengan subjek penelitian siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Ngablak Kabupaten Magelang. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan, yaitu 1) Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering); 3) Hands on problem solving yang dilakukan dalam pembelajaran selain memberikan pengalam juga merangsang rasa ingin tahu siswa melalui kegiatan nyata; 4) Hasil penelitian menujukan adanya implikasi rasa ingin tahu siswa terhadap prestasi belajar siswa dan ;5) pembelajaran yang dilakukan sejalan dengan kurikulum 2013, ditujukan melalui kegiatan pembelajaran yang mengasah ketrampilan mengamati, menanya, mencoba,menalar, menyaji, dan mencipta. Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Kontekstual, Hands On Problem Solving

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10746

Actions (login required)

View Item View Item