PENGGUNAAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINGKARAN BAGI SISWA KELAS XI/IPA SMA NEGERI 3 BANTUL

Christina, Sri Purwanti (2013) PENGGUNAAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINGKARAN BAGI SISWA KELAS XI/IPA SMA NEGERI 3 BANTUL. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 19.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Persamaan Lingkaran menggunakan media modul pembelajaran. Modul pembelajaran yang digunakan adalah buatan guru (sebagai peneliti) yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa, karakteristik materi pelajaran serta masalahyang dihadapi di Lapangan. Modul pembelajaran ini sebagai sarana bagi siswa untuk bisa belajar secara mandiri. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus memuat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sarana yang digunakan pada penelitian ini adalah modul pembelajaran, soal postes, dan lembar penilaian efektivitas pembelajaran siswa.Subyek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPA SMA 3 Bantul tahun pelajaran 2011/2012, sedangkan obyeknya adalah pembelajaran materi Persamaan Lingkaran yang disampaikan dengan media modul pembelajaran. Indikator keberhasilannya adalah meningkatnya prosentase efektivitas pembelajaran siswa beserta nilai pos tesnya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan efektivitas pembelajaran siswa. Peningkatan ini ditunjukkan dengan meningkatnya prosentase aspek pemahaman siswa dari 68% menjadi 95,33%, aspek penyelesaian soal dari 51,67% menjadi 86,33%. Selain itujuga jumlah siswa yang langsung mencapai ketuntasan belajar di siklus II sebesar 90,91% dari siklus awal 42,42%. Kata kunci: Penggunaan Modul Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10742

Actions (login required)

View Item View Item