MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BANTUL

Christina, Sri Purwanti (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BANTUL. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 18.pdf

Download (53kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi fungsi komposisi dan fungsi invers menggunakan pembelajaran model jigsaw. Penggunaan pembelajaran model jigsaw pada penelitian ini dengan cara membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang disebut kelompok asal. Setiap anggota kelompok asal menjadi anggota di kelompok ahli yang bertanggung jawab untuk mempelajari dan menguasai bagian tertentu bahan yang diberikan kemudian menjelaskan pada anggota kelompok asalnya. Selanjutnya menyiapkan presentasi untuk materi yang menjadi bagian kelompok asalnya. Sehingga sebagian besar aktivitas pembelajaran berpusat dan berfokus pada siswa beserta interaksinya. Guru bertugas menyiapkan materi dalam bagian-bagian kecil, sebagai fasilitator, dan memantau jalannya diskusi dan presentasi agar tidak terjadi kesalahan konsep. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sarana yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar kerja siswa, tes tertulis dan lembar pengamatan sikap siswa. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 3 Bantul, sedangkan obyeknya adalah pembelajaran materi fungsi komposisi dan fungsi invers dengan pembelajaran model jigsaw. Indikator keberhasilannya adalah meningkatnya nilai hasil belajar, inisiatif, perhatian dan tanggung jawab siswa. Penelitian inimenunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dengan prosentase ketuntasan 51,16% pada siklus awal menjadi 88,37% pada siklus II. Aspek inisiatif meningkat dari 65,5% menjadi 92%,perhatian dari 64,5% menjadi 90,5%, dan tanggung jawab siswa dari 59% menjadi 90,5%. Kata kunci: Pembelajaran Model Jigsaw, Hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10741

Actions (login required)

View Item View Item