Carolin , Olivia and Pinta , Deniyanti and Meiliasari, Meiliasari (2013) MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA MENGENAI LUAS BANGUN DATAR SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN PMRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 17.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Luas bangun datar segiempat merupakan salah satu materi dalam pembelajaran matematika di SMP. Pada umumnya sistem pembelajaran di sekolah hanya memberikan rumus tanpa disertai pemahaman kepada siswa untuk menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan luas bangun datar segiempat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman relasional siswa kelas VII pada konsep luas bangun datar segiempat dengan pendekatan PMRI. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase siklik yaitu, fase persiapan dan desain, fase pelaksanaan dan fase analisis retrospektif. Data pada penelitian ini diperoleh dari, lembar kerja siswa, lembar wawancara, lembar catatan lapangan, Hipotesis Lintasan Belajar (HLB) dan video-tape. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, konteks yang digunakan pada tiap pertemuan dapat mengembangkan pemahaman siswa mengenai luas bangun datar segiempat. Siswa dapat memahami konsep luas, memunculkan strategi reallotment, memahami hubungan persegi panjang dengan bangun segiempat lainnya dan dapat menerapkan strategi reallotment pada bangun segiempat yang memiliki satuan baku. Diskusi kelompok dan diskusi kelas memberikan kontribusi dalam mengembangkan pemahaman relasional siswa mengenai luas bangun datar segiempat. Kata kunci: Luas, Segiempat, PMRI
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 21:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 21:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10740 |
Actions (login required)
View Item |