ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM)

Budi, Manfaat (2013) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 16.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Salah satu kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh siswa melalui pembelajaran matematika adalah kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, dalam assesmen hasil belajar matematika siswa, seharusnya memuat butir-butir soal yang ditujukan untuk mengukur kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan teori respon butir (Item Response Theory, IRT), dengan pendekatan Graded Response Models (GRM). GRM dipilih karena sesuai dengan karakteristik dari respon tes, yaitu berupa politomus ordinal. Subjek penelitian adalah 160 siswa berasal dari dua sekolah di Cirebon, yaitu 70 siswa dari MTs Al-Ishlah Bobos dan 90 siswa dari SMPN 1 Dukupuntang. Hasil estimasi parameter kemampuan berpikir kritis matematik siswa menunjukkan bahwa 4,2% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis matematik sangat tinggi, 16,4% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis matematik tinggi, 65,7% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis matematik rata-rata, 13,5% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis matematik rendah, dan tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis matematik sangat rendah. Katakunci: berpikir kritis, graded response models, teori respon butir

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item View Item