PENDEKATAN KONTEKTUAL SEBAGAI PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIK YANG HUMANIS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Asep Ikin, Sugandi (2013) PENDEKATAN KONTEKTUAL SEBAGAI PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIK YANG HUMANIS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 14.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Kemandirian belajar dalam matematika merupakan hal yang sangat penting dalam pencapaian hasil belajar matematika siswa. Kemandirian belajar berkorelasi positif dengan hasil belajar matematiaka siswa. Beberapa hasil penelitian menunjukakan bahwa rendahnya kemandirian siswa dalam belajar menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Disamping itu terdapat pergeseran dalam pembelajaran yang asalnya pembelajaran itu berfokus pada guru dan sekarang bergeser atau berfokus pada siswa, sehingga kemandirian perlu dikembangkan dalam menyambut pergeseran tersebut. Oleh sebab itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang mendorong tersebut sehingga belajar matematika lebih humanis dan dapat meningkatkan kemandirian belajar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa adalah pendekatan konstektual

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10737

Actions (login required)

View Item View Item