PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PACE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUKTIKAN MATEMATIS

Andri, Suryana (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PACE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUKTIKAN MATEMATIS. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 10.pdf

Download (75kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Pada level perguruan tinggi, banyak mata kuliah yang menekankan pada aspek pembuktian matematis, baik dalam membaca bukti maupun mengkonstruksi bukti. Pembuktian memainkan peranan penting dalam matematika. Adapun peranannya adalah untuk memverifikasi kebenaran pernyataan matematika, menghilangkan ketidakpastian tentang proposisi matematika, dan meyakinkan suatu pernyataan. Namun kenyataannya, sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengkonstruksi bukti. Salah satu model untuk dapat meningkatkan kemampuan membuktikan matematis adalah Model PACE. Model PACE merupakan salah satu model pembelajaran berlandaskan konstruktivisme yang memiliki tahap/fase: Proyek (Project), Aktivitas (Activity), Pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) dan Latihan (Exercise). Model tersebut penting untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika, karena dapat meningkatkan kemampuan membuktikan matematis. Kata Kunci: Kemampuan Membuktikan Matematis, Model Pembelajaran PACE

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10733

Actions (login required)

View Item View Item