STUDI LITERATUR: PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENGATASI KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENGEMBANGKAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA

Ahmad , Dzulfikar (2013) STUDI LITERATUR: PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENGATASI KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENGEMBANGKAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 7.pdf

Download (76kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa di Indonesia belum memuaskan. Beberapa hal yang mempengaruhi hal ini adalah adanya kecemasan matematika dan self efficacy matematis pada diri siswa. Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kecemasan ini memberikan dampak negatif pada diri siswa, khususnya prestasi belajar matematikanya, sedangkan self efficacy matematis berkorelasi negatif secara signifikan terhadap kecemasan matematika dan menjadi predictor kuat terhadap prestasi matematika siswa. Dalam artikel ini, dikaji mengenai efektivitas pembelajaran kooperatif dalam mengatasi kecemasan matematika dan mengembangkan self efficacy matematis siswa, yang bermuara pada meningkatnya prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, kecemasan matematika, self efficacy matematis.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10730

Actions (login required)

View Item View Item