KECAKAPAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING

Adi, Asmara (2013) KECAKAPAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 4.pdf

Download (59kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Pembelajaran matematika dengan pemahaman memerlukan penguasaan dan transfer kecakapan matematis yang meliputi: pemahaman konseptual (conceptual understanding), kelancaran prosedural (procedural fluency), kompetensi strategi (strategic competence), penalaran adaptif ( adaptive reasoning) dan disposisi produktif (productive disposition) dengan cara yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecakapan matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan model problem posing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif di kelas VIII SMPN 12. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri yang berjumlah 30 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah tes kecakapan matematis dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas siswa dan guru telah berjalan dengan baik. Hasil skor postest memperlihatkan bahwa setiap komponen (strands) kecakapan matematis juga terkategorikan baik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Posing, Kecakapan Matematis

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10727

Actions (login required)

View Item View Item