Adi, Asmara (2013) KECAKAPAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
|
Text
P - 4.pdf Download (59kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika dengan pemahaman memerlukan penguasaan dan transfer kecakapan matematis yang meliputi: pemahaman konseptual (conceptual understanding), kelancaran prosedural (procedural fluency), kompetensi strategi (strategic competence), penalaran adaptif ( adaptive reasoning) dan disposisi produktif (productive disposition) dengan cara yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecakapan matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan model problem posing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif di kelas VIII SMPN 12. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri yang berjumlah 30 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah tes kecakapan matematis dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas siswa dan guru telah berjalan dengan baik. Hasil skor postest memperlihatkan bahwa setiap komponen (strands) kecakapan matematis juga terkategorikan baik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Posing, Kecakapan Matematis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 21:14 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 21:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10727 |
Actions (login required)
View Item |