PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI TAHUN AJARAN 2011/2012

Dody, Ariansyah (2013) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri ; (2) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri ; (3) untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran moving class dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 3 Wonosari tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri 4 kelas dengan jumlah 140 siswa, sedangkan sampel dipilih secara cluster random sampling, kelas XI EI3 sebagai kelompok moving class yang berjumlah 34 dan kelas XI EI4 yang berjumlah 34 sebagai kelas konvensional atau kelas kontrol. Data variabel prestasi belajar elektronika terapan dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar, sedangkan pada variabel gaya belajar dikumpulkan menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama setelah dilakukan uji prasyarat melalui uji normalitas menggunakan metode Lillifors dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama diperoleh hasil ; (1) tidak terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran moving class terhadap prestasi belajar siswa (Fa = 1,7573 < 3,9996 = Ftabel) dengan taraf signifikansi 5% ; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial, gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa (Fb = 7,936 > 3,145 = Ftabel) dengan taraf signifikansi 5% ; (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa (Fab = 0,1105 < 3,145 = Ftabel) dengan taraf signifikansi 5%. Kata kunci : moving class, gaya belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 30 Oct 2013 08:22
Last Modified: 29 Jan 2019 18:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10702

Actions (login required)

View Item View Item