STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CISCO-IT ESSENTIALS VIRTUAL DESKTOP PADA HASIL BELAJAR DI SMKN 1 BANTUL

Duwi, Rianto (2013) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CISCO-IT ESSENTIALS VIRTUAL DESKTOP PADA HASIL BELAJAR DI SMKN 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak-Bahasa Indonesia.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif, (2) hasil belajar siswa menggunakan media nyata, (3) perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media nyata dan multimedia interaktif, dan mengetahui (4) perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan media nyata dan multimedia interaktif Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain Quasi Experimental Desaign pada rancangan Nonequivalent pretest dan posttest group desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Informatika SMK N 1 Bantul tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel diambil 2 kelas dari 4 kelas yang mempunyai kemampuan yang sama (rerata nilai pretest hampir sama). Sampel penelitiannya adalah kelas X TKJ 1 yang terdiri dari 32 siswa dan X TKJ 2 yang terdiri dari 32 siswa. Data penelitian dari hasil pretest dan posttest. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji–t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang normal dan homogen. Rata-rata skor akhir yang diperoleh kelas ekperimen sebesar 78,28 dan rata-rata kelas kontrol 68,88. Hasil hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh hipotesis (1) t hitung = 0,322 < t tabel = 1,671 sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima (2) thitung = 4,208 > ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak. Berdasarkan hipotesis diperoleh hasil yaitu : (1) Pembelajaran perakitan komputer menggunakan multimedia interaktif meningkat sebesar 11,26 (2) Pembelajaran perakitan komputer menggunakan media nyata meningkat sebesar 2,60 (3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan mean 66,92 : 66,28 (4) Terdapat perbedaan kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan mean 78,28 : 68,88. Kata kunci : Media, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 30 Oct 2013 07:50
Last Modified: 29 Jan 2019 18:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10696

Actions (login required)

View Item View Item