Andri, Kurniawan (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, KERJA SAMA DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA DIKLAT IPPK KELAS X TKJ 2 SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Abstrak_Indo.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dalam meningkatkan keaktifan, kerja sama dan pemahaman siswa pada mata diklat Instalasi Perbaikan dan Perawatan Komputer (IPPK) kelas X TKJ 2 SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas dengan memanfaatkan tindakan nyata kemudian melakukan refleksi terhadap hasil tindakan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu planning (perencanaan), action (pelaksanaan tindakan), observation (pengamatan) dan reflecting (refleksi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 di SMK N 2 Yogyakarta sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada mata diklat IPPK dapat meningkatkan keaktifan, kerja sama dan pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I sebesar 70,41% mengalami peningkatan menjadi 81,11% pada siklus II. Kerjasama siswa dari siklus I sebesar 66,11% mengalami peningkatan menjadi 78,61% pada siklus II. Pemahaman siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus 1 77,91 dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas yaitu 80,69. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, Number Head Together, IPPK
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 25 Sep 2013 00:20 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10685 |
Actions (login required)
View Item |