HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA, FASILITAS BELAJAR dan KEBIASAAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPPK DI SMK TAMANSISWA YOGYAKARTA

Fiki Satria, Wilogo (2013) HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA, FASILITAS BELAJAR dan KEBIASAAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPPK DI SMK TAMANSISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan dukungan Orangtua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPPK kelas X di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. (2) Hubungan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPPK kelas X di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta.(3) Hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPPK kelas X di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. (4) Hubungan antara dukungan Orangtua, fasilitas belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPPK kelas X di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 45 orang siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Variabel penelitian ini adalah dukungan Orangtua (X1), fasilitas belajar (X2), kebiasaan belajar siswa (X3) dan prestasi belajar (Y). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala likert dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan dukungan orangtua dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPPK, dibuktikan rx1y = 0,623 dan r2 x1y= 0,389. (2) terdapat hubungan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPPK, dibuktikan rx2y = 0,610 dan r2 x1y= 0,372. (3) terdapat hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPPK, dibuktikan rx3y = 0,665 dan r2 x3y = 0,442. (4) Terdapat hubungan dukungan orangtua, fasilitas belajar dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPPK, dibuktikan Ry(123) = 0,835, R2 y(123) = 0,697.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Sep 2013 08:08
Last Modified: 29 Jan 2019 18:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item