PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERRATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN

Mardhiyyatul , Kabirah (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERRATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK&ABSTRACT.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar TIK siswa kelas X di SMA N 2 Banguntapan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental dengan menggunakan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 206. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X 1 dan X 4, masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Uji validitas instrumen menggunakan Point Biserial, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji coba instrumen dalam penelitian ini dilakukan pada kelas X 2 yang dikenakan pretest dan kelas X 5 yang dikenakan posttest, masing-masing berjumlah 30 siswa yang tidak digunakan sebagai sampel penelitian. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pelajaran TIK. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (5,306) lebih besar dari ttabel (2,000) dan signifikansi (0,000) lebih kecil dari taraf signifikansi (0,05). Artinya terdapat pengaruh yang positif dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar. Hasil belajar antara mean posttest kelas eksperimen sebesar 86 dan kelas kontrol sebesar 76 menunjukkan selisih perbedaan hasil belajar mean posttest sebesar 10. Kata kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 23 Sep 2013 07:41
Last Modified: 29 Jan 2019 18:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10679

Actions (login required)

View Item View Item