PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS, INTENSITAS, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 14 PURWOREJO

Yuliana, Purwanti (2013) PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS, INTENSITAS, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 14 PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuliana Purwanti-08520244037.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kelengkapan fasilitas belajar TIK siswa di SMP Negeri 14 Purworejo, (2) intensitas belajar TIK siswa di SMP Negeri 14 Purworejo, (3) minat belajar TIK siswa di SMP Negeri 14 Purworejo, (4) prestasi belajar TIK siswa di SMP Negeri 14 Purworejo, (5) pengaruh kelengkapan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar TIK di SMP Negeri 14 Purworejo, (6) pengaruh intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar TIK di SMP Negeri 14 Purworejo, (7) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar TIK di SMP Negeri 14 Purworejo, (8) pengaruh kelengkapan fasilitas, intensitas, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar TIK di SMP Negeri 14 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian ex-post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMP Negeri 14 Purworejo yang berjumlah 570 siswa dan sampel 232 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif presentase, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelengkapan fasilitas belajar TIK siswa di SMP Negeri 14 Purworejo dikategorikan sangat tinggi 21,12%, tinggi 34,05%, rendah 35,78%, sangat rendah 9,05%, (2) intensitas belajar TIK siswa di SMP Negeri 14 Purworejo dikategorikan sangat tinggi 24,14%, tinggi 26,72%, rendah 21,98%, sangat rendah 27,16%, (3) minat belajar TIK siswa di SMP Negeri 14 Purworejo dikategorikan sangat tinggi 13,36%, tinggi 28,02%, rendah 32,33%, sangat rendah 26,29%, (4) prestasi belajar TIK siswa di SMP Negeri 14 Purworejo dikategorikan sangat tinggi 24,57%, tinggi 17,24%, rendah 25,00%, sangat rendah 33,19%, (5) kelengkapan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar TIK di SMP Negeri 14 Purworejo, ditunjukkan dengan nilai rhitung 0,361 > rtabel 0,138, (6) intensitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar TIK di SMP Negeri 14 Purworejo, ditunjukkan dengan nilai rhitung 0,309 > rtabel 0,138, (7) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar TIK di SMP Negeri 14 Purworejo, ditunjukkan dengan nilai rhitung 0,455 > rtabel 0,138, (8) kelengkapan fasilitas, intensitas, dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar TIK di SMP Negeri 14 Purworejo, ditunjukkan dengan nilai Fhitung 28,378 > Ftabel 2,64.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 16 Sep 2013 03:33
Last Modified: 29 Jan 2019 18:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10668

Actions (login required)

View Item View Item