Pengaruh Minat, Motivasi dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mikrokontroler Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video DI SMK N 3 Yogyakarta

Amrih Dwi, Handoyo (2013) Pengaruh Minat, Motivasi dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mikrokontroler Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video DI SMK N 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak Indonesia.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara minat, motivasi dan lingkungan belajar siswa baik secara terpisah, maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar mikrokontroler program keahlian Teknik Audio Video di SMK N 3 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 67 siswa kelas program keahlian Teknik Audio Video di SMK N 3 Yogyakarta. Variabel penelitian adalah minat (X1), motivasi (X2), lingkungan belajar (X3), dan prestasi belajar (Y). Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk semua variabel. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan analisis deskriptif dan pengujian persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi product moment dan teknik analisis Regresi Ganda 3 Prediktor. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif antara minat terhadap Prestasi belajar mikrokontroler program keahlian Teknik Audio Video di SMK N 3 Yogyakarta. Hal ini diitunjukkan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,7. Koefisien determinan sebesar 0,499 atau sebesar 44,9 %, sumbangan efektif sebesar 31,3%, 2) terdapat pengaruh positif antara motivasi terhadap prestasi belajar mikrokontroler program keahlian Teknik Audio Video di SMK N 3 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,677 . Koefisien determinan sebesar 0,458 atau sebesar 45,8 %, sumbangan efektif sebesar 28,7%, 3) terdapat pengaruh positif antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mikrokontroler program keahlian Teknik Audio Video di SMK N 3 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx3y sebesar 0,626. Koefisien determinan sebesar 0,392 atau sebesar 39,2 %, sumbangan efektif sebesar 15,1%, 4) terdapat pengaruh positif antara minat, motivasi, dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mikrokontroler program keahlian Teknik Audio Video di SMK N 3 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Rx1x2x3y sebesar 0,867, Rx1x2x3y 2 sebesar 0,751, Fhitung sebesar 63,294, dan sumbangan efektif total sebesar 75,1. Kata Kunci : minat, motivasi, lingkungan belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 16 Sep 2013 03:17
Last Modified: 16 Sep 2013 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10666

Actions (login required)

View Item View Item