HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL DENGAN KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN

Aisyah Umi Lathifah, (2013) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL DENGAN KINERJA GURU DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
aisyah.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kompetensi profesional guru TK se- Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen, kondisi kinerja guru TK se-Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen, dan hubungan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru di TK se-Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru TK se-Kecamatan Sempor. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kompetensi profesional dan kinerja guru TK se-Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen adalah baik, yaitu dengan rerata nilai kompetensi profesional sebesar 148,69 dan rerata nilai kinerja guru sebesar 215,41. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru di TK se-Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen, yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan spearman rank correlation pada program SPSS, yaitu rhitung sebesar 0,246 > rtabel 0,235 dan nilai signifikansi sebesar 0,021 (p < 0,05). Kata kunci: kompetensi profesional, kinerja guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Sep 2013 03:34
Last Modified: 07 Sep 2015 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10661

Actions (login required)

View Item View Item