PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LARI ZIG-ZAG DAN BAKIAK PADA SISWA KELOMPOK BI RA MASYITHOH SEGOROYOSO II

Tika Noviasari, (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LARI ZIG-ZAG DAN BAKIAK PADA SISWA KELOMPOK BI RA MASYITHOH SEGOROYOSO II. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
tika.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan lari zig-zag dan bakiak pada siswa kelompok BI RA Masyithoh Segoroyoso II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 anak kelompok B1 RA Masyithoh Segoroyoso II. Objek penelitian motorik kasar yaitu kelincahan, ketepatan, koordinasi, keseimbangan, power, dan kecepatan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan permainan lari zig-zag dan bakiak dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Hal tersebut juga didukung oleh motivasi guru yang diberikan kepada anak supaya dapat meningkatkan kemampuan motorik kasarnya. Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian. Pada kondisi awal semua kemampuan motorik kasar anak masih cukup, sehingga 0% dari 16 anak kelompok B1 belum mencapai kriteria baik sekali (skor 14-18). Setelah dilakukan tindakan siklus I hasil kemampuan motorik kasar sejumlah 6 anak (37,5%). Pada siklus II kemampuan motorik kasar meningkat sejumlah 13 anak (81,25%). Penelitian dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator. Kata kunci: kemampuan motorik kasar, permainan lari zig-zag dan bakiak, kelompok B1.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Sep 2013 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 18:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10659

Actions (login required)

View Item View Item