UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN SIMPAI PADA KELOMPOK B TK PUSPASIWI II KECAMATAN SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Sinta Hapsari, (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN SIMPAI PADA KELOMPOK B TK PUSPASIWI II KECAMATAN SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
sinta.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui bermain simpai pada kelompok B TK Puspasiwi II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Puspasiwi II yang berjumlah 15 anak dan objek penelitian adalah keterampilan motorik kasar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bermain simpai dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar yaitu kelincahan, kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi. Kondisi awal kelincahan anak sebesar 57,58%, kekuatan 46,67%, keseimbangan 66,67%, dan koordinasi 68,89%, sehingga kondisi awal keterampilan motorik kasar sebesar 60%. Pada siklus I kelincahan menjadi 73,33%, kekuatan 73,33%, keseimbangan 80%, dan koordinasi 71,11%, sehingga keterampilan motorik kasar menjadi 74,44%. Pada siklus II kelincahan menjadi 95,56%, kekuatan 93,33%, keseimbangan 100%, dan koordinasi 95,56%, sehingga keterampilan motorik kasar menjadi 96,11%. Penelitian dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu lebih dari 80%. Kata kunci: keterampilan motorik kasar, bermain simpai, kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Sep 2013 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 18:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10657

Actions (login required)

View Item View Item